← back to home

Dimana membeli reksa dana?



Photo by Lucrezia Carnelos

Teknologi sangat membantu dan memudahkan investor untuk bisa mengakses, membeli, dan menjual produk reksa dana, banyak sekali sekarang aplikasi yang memiliki fitur sebagai layanan pembelian produk reksa dana yang dibuat oleh manajer-manajer investasi.

Banyak aplikasi yang berlaku sebagai agen penjual reksa dana memberikan layanan ekstra, ada yang juga menampilkan banyak artikel finansial yang memberikan informasi yang berkaitan dengan investasi dan finansial pada umumnya.

Lalu, untuk yang belum tahu, dimanakah cara membeli produk reksa dana?

1. Melalui Manajer Investasi

Produk reksa dana yang dibuat oleh manajer investasi dapat langsung dibeli oleh investor, biasanya kita diharuskan untuk membuat akun di manajer investasi tersebut, kita ambil contoh Bahana (disclosure: saya punya reksa dana yang diterbitkan oleh Bahana, tapi tidak memiliki akun di Bahana), didalam websitenya, kita bisa melakukan pendaftaran, dan pembelian produk-produk yang dibuat oleh Bahana.

Baca: Memilih Manajer Investasi untuk produk reksa dana dan ETF

Untuk manajer investasi lain juga mirip-mirip, tetapi terkadang ada yang tidak memiliki antarmuka yang mudah untuk pengguna atau nasabahnya, seperti aplikasi mobile atau website yang mudah untuk investor bisa melihat kinerja dan juga bertransaksi dari produk yang dijual oleh manajer investasi tersebut.

2. Melalui agen APERD

APERD, Agen penjual efek reksa dana, adalah pihak ketiga yang berlaku sebagai penjual produk-produk reksa dana yang diterbitkan oleh manajer investasi, APERD ini bisa menjual banyak produk dari banyak manajer investasi, dan biasanya APERD akan mendapatkan komisi dari manajer investasi atau dari fee yang dibebankan ke investor ketika melakukan pembelian/penjualan produk reksa dana.

APERD bisa berupa bank yang memiliki lisensi penjualan produk reksa dana, atau juga layanan-layanan fintech yang saat ini banyak sekali, ada Bibit, Bareksa, Tanam Duit, Moduit, Moinvest dan lainnya, gampangnya kalau lagi buka playstore atau appstore, klik salah satu aplikasi yang disebut di atas, akan ada rekomendasi aplikasi yang mirip-mirip.

Jadi beli di mana?

Beli di kedua tempat di atas tentu saja bisa, tetapi ini balik lagi terhadap selera dari investor, untuk yang nyaman dengan menggunakan manajer investasi langsung, bisa juga, atau yang memilih menggunakan aplikasi yang disediakan oleh APERD.

Untuk saya pribadi lebih mudah menggunakan aplikasi, karena bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun, tinggal buka aplikasinya dan lakukan transaksi.


Tags: blog, investasi, reksa dana, reksadana, reksadana saham, reksadana obligasi, reksadana, reksa dana pasar uang